Faperta UMGo – Lapas Perempuan Kelas III Gorontalo Laksanakan Kegiatan Bercocok Tanam

Sebagai implementasi dari Perjanjian Kerja Sama antara Universitas Muhammadiyah Gorontalo dengan Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas III Gorontalo Nomor 041/II.3AU/J/MoA-UMG/VIII/2018, pada tanggal 25 November 2019 diselenggarakan kegiatan pertanian (bercocok tanam) bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Kegiatan yang digagas oleh Lapas Perempuan Kelas III Gorontalo ini bekerjasama dengan Fakultas Ilmu-Ilmu Pertanian Universitas Muhammadiyah Gorontalo diselenggarakan di Lapas Perempuan Kelas III Jln. Sude Kau Kelurahan Hututo Kecamatan Limboto.

Acara ini dibuka oleh Plt Kepala Lapas Perempuan Kelas III Gorontalo bapak Arifin Rahim didampingi oleh Kasi Pembinaan ibu Sri Meriyanti Ma’ruf. Dalam sambutannya Plt Kalapas menyampaikan terimakasih atas kesediaan Universitas Muhammadiyah Gorontalo yang dalam hal ini diwakili oleh Ir. Taufik Jarot, MM (dosen Faperta) dan mahasiswanya (Alhamdu, Idrus dan Alfian) untuk memberikan dan membagi ilmu bercocok tanam kepada Warga Binaan Pemasyarakatan. Harapannya kegiatan serupa dapat dilaksanakan secara berkelanjutan dengan tidak terbatas pada kegiatan pertanian saja.

Kegiatan pertanian (bercocok tanam) di Lapas Perempuan Kelas III Gorontalo berlangsung selama dua hari yang diikuti oleh 27 WBP. Materi yang diberikan adalah cara bercocok tanam secara sederhana yang dapat dilakukan oleh ibu-ibu (pribadi) baik di lapas atau di rumah nantinya seperti menanam cabe, sawi dan tomat. Peserta pelatihan diberikan pengenalan mengenai media tanam yang baik seperti pemilihan tanah dan polybag, cara penyiraman dan pemupukan yang baik. Para peserta mengaku sangat tertarik dan melalui kegiatan ini mereka terinspirasi bahwa selain dapat menjadi kegiatan yang bermanfaat nantinya juga sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan ketahanan pangan rumah tangga. Para WBP berharap kegiatan serupa dapat diadakan lagi dengan materi misalnya pengolahan hasil pertanian.

– TJA –

Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *