HMPS Peternakan Selenggarakan Training Dan Workshop Karya Tulis Ilmiah

Kaprodi Peternakan UMGo Ir. Ishak Korompot, M.Si Memberikan Sambutan Workshop Karya Tulis Ilmiah

Penulisan karya tulis ilmiah merupakan salah satu tahapan wajib yang harus dilalui oleh setiap mahasiswa yang akan menyelesaikan studinya. Sesuai dengan namanya, karya tulis ilmiah merupakan tulisan yang bersumber dari hasil penelitian seorang mahasiswa menurut kaidah-kaidah ilmiah dan akademik. Dalam kurikulum yang ada di perguruan tinggi, tata cara atau metode penulisan karya tulis ilmiah diberikan dengan suatu mata kuliah seperti Metodologi Penelitian sesuai dengan bidang ilmu.

Pada tanggal 8 Februari 2020, HMPS Peternakan UMGo menyelenggarakan pelatihan yang bertajuk ‘Training dan Workshop Karya Tulis Ilmiah’ bertempat di gedung Haryono Suyono. Kegiatan yang digagas dan dipimpin oleh Abd Parmin Pakaya ini dimaksudkan untuk memberikan tambahan wawasan dalam menulis karya ilmiah – seperti skripsi – bagi mahasiswa UMGo tingkat akhir. Kegiatan yang dibuka oleh Dekan Faperta yang dalam hal ini diwakili oleh Kaprodi Peternakan Ir Ishak Korompot, M.Si diikuti oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan, Fakultas Ilmu-Ilmu Pertanian, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial serta sebagian kecil mahasiswa Fakultas Sain dan Teknologi. Para mahasiswa yang mengikuti pelatihan tampak antusias dan aktif berdiskusi sepanjang sesi pelatihan yang diberikan oleh Ir Taufik Jarot A, MM dan Dr Terri Repi, M.Si yang keduanya merupakan dosen Faperta UMGo.

Pelatihan yang diberikan selama sehari penuh tersebut mengambil materi mengenai pentingnya tahapan ilmiah yang harus dilalui sebelum menulis karya ilmiah, isi dan susunan sebuah karya tulis ilmiah yang baik, pengambilan tema, latar belakang, permasalahan dan tujuan penelitian yang menarik hingga teknik menganalisis data. Dalam sambutan pembukaan, Dekan Faperta sangat mengapresiasi acara ini dan diharapkan dapat berlanjut agar mahasiswa tidak gamang dalam melakukan penelitian dan menuangkannya dalam sebuah karya tulis ilmiah. Selain itu menulis merupakan sebuah kegiatan menarik bahkan harus dijadikan suatu kebiasaan yang baik bagi seorang sarjana nantinya. Selamat untuk HMPS Peternakan dan anggota panitia lintas fakultas lainnya yang telah berkontribusi dalam kegiatan ini.

– TJA –

Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *