Inovasi Pemanfaatan Ubi Ungu (Ipomoea Batatas) pada produk es Cream

Ditengah Pandemi covid 19 kami dosen fakultas ilmu-ilmu pertanian program studi agribisnis dan program studi peternakan melakukan pengabdian kepada masyarakat pada hari jumat tanggal 5 juni 2020 didesa Lamahu Kecamatan Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango dengan Tema “ Pemanfaatan Ubi Ungu (Ipomoea Batatas) pada produk pembuatan es krim.

Ubi ungu merupakan jenis tanaman umbi-umbian yang bisa dikonsumsi sehari-hari sebagai penganti beras atau jagung yang mengandung karbohidrat tinggi dan kandungan nutrisi lainnya yang baik untuk kesehatan tubuh dan meningkatkan imunitas. Ubi ungu selain dikonsumsi sebagai penganti makanan pokok bisa juga dijadikan berbagai macam cemilan seperti keripik manis, keripik asin, kolak dan salah satunya dimodifikasi oleh kami menjadi bahan utama dalam pembuatan es krim. Ubi ungu sendiri menurut para ahli baik untuk kesehatan terutama 1). Sebagai antioksidan yaitu memperbaiki sel-sel darah rusak termasuk penyakit kanker. 2). Mengontrol gula darah. 3). Menurunkan tekanan darah tinggi, 4). Membantu pencernaan lancar. 5). Membantu penderita penyakit asma. Selain itu nutrisi atau Kandungan tertinggi antioksidan dalam ubi ungu 40% mengandung vitamin C.

Mengingat saat ini masyakat dunia sementara menghadapi pandemic covid 19 maka kami dosen fakultas pertanian prodi agribisnis dan prodi peternakan berinisiatif melakukan pengabdian pada masyarakat dengan melakukan kegiatan ini dan tetap melakukan standar kesehatan covid yaitu menggunakan masker, handskun dan peserta tidak lebih dari 5 orang dengan menggunakan jarak minimal 1 meter untuk tempat duduk dan jarak persentase 3 meter dari tempat duduk peserta serta dilaksanakan ditempat terbuka.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh ketua program studi peternakan bapak Ir. Ishak korompot., M.Si dan dilanjutkan demo pembuatan es krim batata ungu oleh ibu susan Mokoolang.,S.Pt, M.Si, ibu Yusria Atika gobel., SP.,M.Si  dan ibu Dr. Meity M. Mokoginta serta di hadiri bapak Muchlis Djibran SP, M.A.

Selain demo pembuatan es krim oleh ibu Dr. Meity Mokoginta juga memberikan penyuluhan terkait pentingnya membudidayakan tanaman ubi ungu karena mengingat manfaatnya untuk kesehatan tubuh dan lingkungan keluarga dirumah juga bisa dikonsumsi sebagai penganti beras mengingat kandungan ubi ungu juga mengandung karbohidrat.

Harapan kami dosen Universitas Muhammadiyah Gorontalo Fakultas Pertanian program studi Agribisnis dan Program Studi Peternakan kiranya pengabdian ini bermanfaat untuk semua  masyarakat ditengah mempertahankan diri dari covid 19. Mari kita mengkonsumsi ubi ungu sebagai penganti beras untuk kesehatan tubuh.

Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *