Kunjungan Kaprodi Akuakultur ke Ponpes Al Barokah Mukhlasin

Kaprodi Akuakultur Asruddin, S.Pi, M.Si memantau kolam bundar berbahan dasar terpal bersama pengurus ponpes

Ketua Program Studi Akuakultur UMGo Asruddin, S.Pi, M.Si hari ini (7/6/2020) melakukan kunjungan ke Pondok Pesantren Al Barokah Darul Mukhlasin yang berlokasi di Desa Talumelito – Telaga Biru. Kedatangan kaprodi akuakultur diterima langsung oleh pimpinan ponpes Al Barokah Darul Mukhlasin ustd. Yusuf Gani, SP didampingi sejumlah santri yang sedang membangun kandang ayam dan membuat bedengan untuk rencana penanaman hortikultura. Kunjungan kaprodi akuakultur kali ini dimaksudkan untuk lebih mempererat tali silaturahim yang telah terjalin.

Pondok pesantren Al Barokah Darul Mukhlasin merupakan salah satu penerima bantuan bioflok dari Balai Perikanan Budidaya Air Tawar Tatelu pada September 2019. Dari sekian penerima bantun bioflok, hanya ponpes Al Barokah satu-satunya penerima bantuan yang bukan berasal dari kelompok tani. Selain itu nilai bantuan yang diterima juga paling sedikit yaitu Rp 165 juta untuk paket 8 unit bioflok diameter 3 meter. Bahkan hingga saat ini pondok pesantren memperoleh apresiasi dari Balai Perikanan Budidaya Air Tawar Tatelu karena keberhasilannya dalam membudidayakan lele dan ikan gabus terutama dengan menyediakan sendiri hampir segala kebutuhan siklus lele kecuali pakan pelet. Saat ini pondok telah memiliki indukan di kolam tanah dan pembudidayaan cacing sutra yang diharapkan mampu mendukung budidaya lele dalam bioflok yang telah ada.

Keberhasilan budidaya lele dan ikan gabus tidak terlepas dari buah kerja keras pimpinan pondok pesantren Al Barokah Darul Mukhlasin ustd Yusuf Gani dan istrinya (ustd Rahayu Abd Hauf) yang merupakan sarjana pertanian dari UB Malang beserta segenap pengasuh dan para santri. Peran serta para penyuluh dari Dinas Perikanan Provinsi Gorontalo turut andil dalam pengembangan sarana budidaya perikanan terlebih karena di pondok pesantren ini juga terdapat SMK Budidaya Perikanan Tawar.

Harapan yang bisa disematkan dalam kunjungan kaprodi akuakultur kali ini adalah peningkatan kerjasama antara Fakultas Pertanian UMGo dengan Pondok Pesantren Al Barokah Darul Mukhlasin seperti praktek lapangan mahasiswa, kuliah umum kewirausahaan maupun pembekalan keimanan dan ketakwaan.

– TJA –

Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *