Satu Lagi Dosen Peternakan UMGo Meraih Gelar Doktor

Dosen Fakultas Ilmu Ilmu Pertanian, pada prodi Peternakan UMGo, Fahrullah, S.Pt., M.Si telah melaksanakan ujian promosi doktor pada hari selasa tanggal 16 juni 2020. Fokus penelitian yang di proosikam dengan Judul “Karakteristik Edible Film Whey Komposit dengan Penambahan Minyak Cengkeh”. Tercatat sebagai mahasiswa program doktoral pascasarjana di fakultas peternakan UB, Malang, Jawa Timur.

Seiring dengan terjadinya wabah covid-19, maka ujian dilaksanakan dengam proses daring yang dipimpin langsung oleh dekan fakultas peternakan UB, Prof.Dr.Sc.Agr. Ir. Suyadi , MS., IPU.  Promotor Prof. Dr. Ir. Djalal Rosyidi, AP., MS., IPU., ASEAN, Eng serta ko-promotor Prof. Dr. Ir. Lilik Eka Radiati., MS., IPU dan Dr. Ir. Purwadi, MS.

Dr. Fahrullah, S.Pt, M.Si sedang mempresentasikan hasil risetnya

Diuji oleh Dr. Ir. Imam Thohari, MP., IPM., ASEAN. Eng; Dr. Ir. Tri Eko Susilorini, MP., IPM., ASEAN. Eng, Prof. Dr. Ir. Tri Dewanti Widyaningsih, M.Kes serta penguji tamu yang berasal dari Universitas Hasanuddin, Prof. Dr. drh. Ratmawati Malaka, M.Sc. Dalam ujian kali ini, Fahrullah menampilkan bagaimana karakteristik edible film yang baik apabila dipergunakan 2 polimer yang berbeda yang nantinya akan diaplikasikan pada produk olahan keju . Selain itu juga, dengan adanya penambahan antibakteri alami yang berasal dari minyak cengkeh dapat menghambat pertumbuhan bakteri patogen pada bahan pangan.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pegaruh dari pemberian konnyaku, penggunaan plasticizer (sorbitol, gliserol, dan polietilen glikol), penggunaan pH yang berbeda serta penggunaan level konsentrasi minyak cengkeh terhadap karakteristik edible film yang diantaranya ketebalan, kemuluran, kekuatan tarik, laju transmisi uap air serta pengujian Scanning Electron Microscope.

Peserta yang hadir dalam ujian promosi

Proses penelitian ini dilakukan sampai 4 tahapan, berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa penggunaan konnyaku 2,5% dan plasticizer gliserol merupakan kombinaso yang terbail untuk mendapatkan karakteristik yang baik. Penggunaan konsentrasi minyak cengkeh dari 5% dapat menghambat pertumbuhan bakteri E. Coli serta S. aureus sehingga dapat digunakan untuk pengaplikasian bahan pangan.

Rektor, Wakil Rektor, Dekan, Ketua Program Studi memberi selamat kepada promovendus

Ujian promosi doctor juga dihadiri oleh pimpinan universitas dan segenap keluarga besar Fakultas Ilmu-Ilmu Pertanian UMGo. Rektor dan Wakil Rektor UMGo yang turut hadir dalam promosi doktor secara daring memberikan apresiasi dan memberi selamat selesai ujian promosi terhadap promovendus. Dukungan doa dan ucapan selamat juga dari segenap keluarga besar FAPERTA UMGo turut mewarnai prosesi ujian promovendus. Harapan dari segenap sivitas FAPERTA UMGO semoga ilmu yang diperoleh mendapatkan keberkahan dan bisa diterapkan kepada mahasiswa dilingkup fakultas  dan universitas. Dengan gelar doktor yang peroleh promovendus akan bisa memberi warna terhadap peningkatan SDM di fakultas dan universitas pada umumnya.

 

Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *