Profil Program Sarjana Peternakan

Program Studi Peternakan resmi dibuka berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional (KEMENDIKNAS) RI dengan SK Nomor 98/D/O/2008 tanggal 11 Juni 2008. Program Studi Peternakan merupakan salah satu bagian dari 3 program studi yang berada di Fakultas Ilmu- Ilmu Pertanian Universitas Muhammadiyah Gorontalo. Program Studi Peternakan didirikan dengan tujuan menghasilkan lulusan sarjana berkompetensi dibidang ilmu peternakan yang bermutu dan berdaya saing serta relevan dengan kebutuhan masyarakat, berjiwa wirausaha, dan mandiri serta menghasilkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi guna mengembangkan ilmu pengetahuan serta peningkatan efisiensi dan produktivitas usaha peternakan dalam hal kaitannya dengan pengembangan pertanian terintegrasi. Tujuan didirikanya Program Studi Peternakan berdasarkan prinsip “Catur Dharma Perguruan Tinggi” yaitu untuk pembinaan dan pengembangan Al Islam dan Kemuhamadiyahan, menyelenggarakan pendidikan, penelitian serta pengabdian masyarakat yang memberikan dampak langsung terhadap peningkatan kualitas lulusan serta pengelolaan pendidikan tinggi yang berada di Fakultas Ilmu-Ilmu Pertanian Universitas Muhammadiyah Gorontalo.

Keunggulan Program Studi Peternakan Fakultas Ilmu-Ilmu Pertanian yaitu unggul dalam hal pengembangan keilmuan dengan proses pendidikan yang berkualitas, yang mempunyai komitmen yang tinggi dan kepercayaan diri serta respon terhadap kemajuan pengembangan teknologi dibidang peternakan

Selama kurun waktu 3 tahun belakangan ini (2018-2020) jumlah mahasiswa Program Studi Peternakan mengalami peningkatan yang cukup signifikan, yang mana hal ini ditunjang oleh staf pengajar yang mempunyai kompetensi yang relevan dibindangnya dengan kualifikasi pendidikan minimal Magister sebanyak 5 orang dosen, dan bergelar Doktor sebanyak 4 orang dosen.

Visi

“Program Studi Peternakan menjadi lembaga utama penghasil sumber daya manusia yang beriman dan bertaqwa, profesional dan mandiri dibidang peternakan yang terintegrasi dengan kegiatan pertanian lainnya, di kawasan Indonesia Timur pada tahun 2025”

Misi

  1. Menyelenggarakan pembinaan dan pengembangan Al Islam dan Kemuhamadiyahan
  2. Menyelenggarakan proses pendidikan yang berkualitas, efektif, efisien dan produktif dengan semangat kewirausahaan serta relevan dengan kebutuhan masyarakat.
  3. Mengembangkan program penelitian teknologi peternakan yang berkaitan dengan pengembangan pertanian terpadu
  4. Meyelenggarakan pengabdian pada masyarakat melalui penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi peternakan yang bersifat tepat guna.
  5. Menjalin dan meningkatkan kerjasama kemitraan dengan berbagai instansi untukmengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya dibidang peternakan.