Sejarah

Sejarah perkembangan Fakultas Ilmu-Ilmu Pertanian (FAPERTA) tidak terlepas dari sejarah perkembangan Universitas Muhammadiyah Gorontalo. FAPERTA dalam operasionalnya memiliki tiga program studi yakni Program Studi Agribisnis, Peternakan dan Akuakultur. Sejak tahun 2008 FAPERTA memiliki komitmen terhadap dunia pendidikan yang berfokus pada bidang ilmu-ilmu pertanian yang menyelenggarakan kegiatan caturdharma (Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, Pengabdian dan Al-Islam Kemuhammadiyahan). Dalam menjawab tantangan dalam dunia pendidikan FAPERTA terus berbenah dalam mengembangkan fakultas yang berkualitas dan mampu menjawab tuntutan masyarakat.

FAPERTA merupakan faklutas ke-2 dari 7 fakultas yang ada saat ini di UM Gorontalo. pada masa kurun waktu tahun 2008-2011 FAPERTA kurang menunjukkan perkembangan yang signifikan. Hal ini dibuktikan dengan kurangnya sarana prasarana pendukung terutama dalam proses perkuliahan mahasiswa. Dalam perkembangannya, FAPERTA mulai kelihatan lebih aktif dalam caturdharma setelah tiga program studinya mendapatkan status terakreditasi pada Tahun 2012. Akreditasi tiga progam studi saat pertama divisitasi mendapatkan nilai C. Nilai yang didapatkan tidak lantas menjadikan sivitas FAPERTA menyerah ataupun hilang semangat dalam mengembangkan mutu caturdharma dan tetap terus berusaha meningkatkan nilai akreditasi program studi. Dua tahun setelah diakreditasi, FAPERTA berani mengajukan reakreditasi program studi yang diawali oleh PS Akuakultur kemudian PS Agribisnis dan selanjutnya PS Peternakan masing-masing pada Tahun 2014 dan 2015. Hasil yang diperoleh nilai rata-rata akreditasi program studi yang ada di FAPERTA adalah B.

Perkembangan FAPERTA sejak Tahun 2018 hingga Tahun 2019 sangat dipengaruhi oleh pergantian kepemimpinan baik itu di tingkat universitas, fakultas maupun program studi. Berikut ini adalah daftar pimpinan FAPERTA yang menjabat sejak Tahun 2008:

Pimpinan FAPERTA pada periode 2008-2011

Dekan : Ir. Drs. Ad Mahmudy Irdja, MM

Wakil Dekan : NIkma Musa, SP, M.Si
Pimpinan FAPERTA pada periode 2011-2012

Dekan : Ir. Drs. Ad Mahmudy Irdja, MM

Wakil Dekan : Ikbal Bahuwa, SP, M.Si
Pimpinan FAPERTA pada periode 2012-2014

Dekan : Ir. Drs. Ad Mahmudy Irdja, MM

Wakil Dekan : Suryadi Ilato, S. Pt
Pimpinan FAPERTA pada periode 2014-2015

Dekan : Ir. Drs. Ad Mahmudy Irdja, MM

Wakil Dekan : Arafik Lamadi, S.Pi, M.Si
Pimpinan FAPERTA pada periode 2015-2016

Dekan : Ir. Denni Latama, MM

Wakil Dekan : –
Pimpinan FAPERTA pada periode 2016-2019

Dekan : Ir. Denni Latama, MM

Wakil Dekan : Mohamad Sayuti Djau, S.IK, M.Si
Pimpinan FAPERTA pada periode 2019-sekarang

Dekan : Mohamad Sayuti Djau, S.IK, M.Si

Wakil Dekan : –