Visi & Misi

Visi Fakultas dan Program Studi memiliki makna sebagai berikut:

Lembaga Unggul:

Menjadikan fakultas yang bereputasi dan bermutu dalam pembelajaran, penelitian, pengabdian dalam bidang ilmu-ilmu pertanian berbasis potensi lokal yang handal serta mampu mengaplikasikan nilai-nilai Al-Islam Kemuhammadiyahan.

Sumberdaya Manusia Profesional:

Menjadikan alumni sebagai manusia unggul, ahli dan professional di bidang ilmu-ilmu pertanian. Alumni program studi akuakultur diharapkan menjadi alumni yang mampu berinovasi dengan gagasan gagasan baru, mampu mengimplementasikan metode dan teknologi dalam konteks teknologi budidaya perairan yang handal dan berdaya saing.

Bidang Pertanian: 

Menjadikan mahasiswa memiliki kemampuan dalam mengembangkan konsep ilmu, teknologi baru dalam bidang ilmu-ilmu pertanian melalui penelitian.

Nilai-nilai religius:

Mampu mengembangkan diri dan mengimplementasikan nilai-nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan sebagai penciri dari perguruan tinggi yang lain yang ada di Gorontalo

 Kawasan Timur Indonesia:

Maksudnya diantara perguruan tinggi yang ada di Kawasan Timur Indonesia. Kawasan yang luas ini dipilih sebagai Batasan wilayah didasarkan pada kondisi program studi yang menginginkan pegembangan kiprahnya pada lingkup yang lebih luas tidak hanya pada kondisi lokal tapi juga dituntut harus bisa bersaing dengan program studi akuakultur di Kawasan Timur Indonesia.

Misi Fakultas:

Berdasakan rumusan Visi fakultas, maka FAPERTA berupaya mewujudkan melalui misi:

  1. Membentuk fakultas yang kuat untuk menyelenggarakan pendidikan ilmu pertanian
  2. Menyelenggarakan proses pendidikan yang berkualitas, efektif, efisien, dan produktif, dengan semangat kewirausahaan serta berlandaskan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan yang Maha Esa
  3. Mengembangkan penelitian dan menjalin kerjasama dengan berbagai instansi/lembaga untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi
  4. Meningkatkan kualitas pengabdian dan membantu masyarakat secara partisipatif dalam pengamalan ilmu dan teknologi sebagai perwujudan dakwah untuk kemaslahatan umat.